Geliat Koperasi Mandiri Di BLORA

Dipublikasikan oleh adminsmansa pada

SAMANSA.id – Ada gerakan koperasi mandiri yang denamis di blora dalam beberapa bulan terakhir ini.seperti berita yang ada di beberapa Desa yang ada di Blora ,di antaranya;di Desa Sambonganyar kec,Ngawen,Desa Doplang(Banjarejo) Desa Temurejo (kota Blora) ,Desa Sukorejo,KUD Tunjungan dan Koperasi Indora.

Salah satu yang melakukan gerakan koperasi Mandiri adalah Desa Sambonganyar kec Ngawen yang di motori oleh kepala Desanya Teguh Mulyo Utomo. kades muda yang baru setahun di lantik itu sangat antusias dengan koperasi di desanya itu. karena koperasi di anggap menjadi motor pengerak ekonomi masyarakat di Desa Sambonganyar,khususnya dan masyarakat Desa lain pada umumnya.

Mulai penjualan pulsa telepon seluler, pulsa listrik,tiket kereta secara online dan offline serta kebutuhan bahan pokok dengan harga yang sangat murah di koperasi, masyarakat Desa tidak perlu jauh-jauh memenuhi kebutuhan pokoknya sehari-harinya. Dengan transaksi di koperasi itu di harapkan perekonomian Desa berputar dan masyarakat memperoleh untung dengan harga murah,sekaligus juga mendapatkan keuntungan SHU setiap tahunnya,serta point setiap melakukan transaksi. selain itu adanya cheneling dengan berbagai principle,koperasi bisa mendapatkan harga murah,selain itu;sistem digitalisasi koperasi yang dibuat juga pelaporan manajemen koperasi menjadi transparan, sehingga Angota bisa transparan, dalam memperoleh SHU dan point transaksi di koperasi SambongAnyar. modal yang di dapat untuk setoran modal di koperasi adalah murni dari angota koperasi tanpa ada campuran tangan dari investor atau pihak lain karena mengelola koperasi Sambongnyar Mandiri tidak ingin tergantung pihak lain apalagi dengan pemerintah.,mengingat beban pemerintah sudah terlalu banyak. Untuk pengembangan koperasi bisa bekerjasama dengan BUMDES,BUMN, koperasi-koperasi dan beberapa perusahaan dengan istilah kerjasamanya dalam bahasa kerenya Bisnis to Bisnis.

Tranformasi Ke Digital

perjuangan untuk membawa koperasi di indonesia menjadi lebih baik belum selesai karena masih menhadapi era revolusi 4.0 Revolusi ini akan membawa perubahan besar dalam kehidupan yang sudah serba digital. Tantangan baru koperasi tak sekedar cara berbisnis di era digital,melainkan merubah mindset dalam sistem tata kelola secara menyeluruh. koperasi harus melakukan reformasi total agar melewati era Revolusi Industri 4.0 . koperasi harus mampu beradaptasi dan bertranformasi secara dinamis. koperasi harus kreatif dan inovatif dalam menjalankan stategi bisnisnya.bahkan,harus sudah mengembangkan aplikasi,termasuk aplikasi pelayanan anggota dan bisnis,Upaya tranformasi ini dimaksudkan meningatkan kinerja usahanya.Teknologi bisa dijadikan alat koperasi dalam menerapkan strategi efesiensi usaha dan dapat meningkatkan daya saing Tak hanya pengunaan teknologi sebagai ujung tombak koperasi di masa depan. Keterlibatan generasi zaman nuw (milenial) dibutuhkan guna menjamin eksistensi soko guru nasional ini. koperasi mandiri di bangun agar tidak ada ketergantungan kepada pemerintah semakin menipis,dan lebih mengarah kepada felosofi koperasi,yaitu self help organization. ciri lain dari koperasi digital adalah usaha untuk di jalankan masuk dalam wilayah-wilayah usaha modern ,bukan lagi jenis usaha simpan pinjam ,serba usaha dan konsumsi saja,melainkan,usahanya sudah mengarah ke(usaha) teknologi informasi seperti usaha payment Digital,Transpotasi dan marketplace . para anggota koperasi sebagai pemegang saham harus menyadari,bahwa kaum milenial itu cenderung kreatif dan memiliki kemampuan memecahkan masalah yang luar biasa inovatif. kemampuan itulah yang di harapkan dapat mengelihatkan koperasi.bisa saja koperasi hanya mengadopsi skill dan talent kaum milenial tanpa mengajak serta orangnya. Artinya, pengelola koperasi tetap orang-orang lama atau generasi tua namun menerapkan strategi dan manajerial kaum milenial. persoalnya,ada yang di sebut dengan istilah tacit knowledge, yaknipengetahuan yang sulit dikomunikasikan kepada orang lain, baik dengan kata atau tulisan. kenapa milih koperasi unyuk melakukan kegiatan ekonomi di desa seperti di Desa Sambonganyar,karena koperasi sebuah komunitas besar di Indonesia dan koperasi merupakan sektor UMKM yang langsung menjamah ke personal anggotanya langgsung. kalau koperasinya di kelola dengan baik dan benar insyallah apa yang di wancanakan pemerintah bahwa koperasi harus mandiri dan menjadi kekuatan di sektor ekonomi akan terwujud.

Sumber : kspnarasi.co.id


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *