Anggota DWP Diharapkan Menjadi Role Model dan Simpul Pemersatu Bangsa

Dipublikasikan oleh adminsmansa pada

SAMANSA.id- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Pemerintah Kabupaten Blora menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-21. Acara berlangsung sederhana dengan pemotongan tumpeng dan menerapkan protokol kesehatan di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Senin (21/12/2020).

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-21 Dharma Wanita Persatuan (DWP) sejatinya jatuh pada tanggal 7 Desember 2020.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Blora Ratnasari Irawadi menyampaikan bahwa tahun ini HUT DWP mengusung tema Peran Dharma Wanita Persatuan dalam Pemberdayaan Perempuan di Era Digital untuk Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga Indonesia.

“Tema ini sengaja diangkat untuk menjadi catatan kritis dan implementatif dalam mengeksekusi program-program kerja ke depan terutama dalam menyiapkan SDM DWP yang berkompeten dan berrdaya saing global sebagaimana dituangkan dalam misi organisasi,” jelasnya.

Ratnasari Irawadi menyebut pandemi Covid-19 sempat membuat organisasi terganggu secara mendadak, namun disisi lain memberikan hikmah yang luar biasa bagi kita semuanya.

“Karena kemajuan teknologi menjadi penyelamat kita untuk dapat beraktivitas dan berorganisasi serta beradaptasi dengan kehidupan normal baru atau new normal,” ucapnya.

Selama pandemi, secara sadar dan tidak sadar, suka tidak suaka telah menjalani normal baru dimana kegiatan dilaksanakan dengan mekanisme online, khususnya untuk anak-anak sekolah yang belajar dari rumah atau dengan cara daring.

Dikatakannya, hampir seluruh kegiatan dilaksanakan dengan mekanisme online dengan didukung aplikasi berbasis teknologi komunikasi seperti zoom, goole meet, whatsapp dan sejumlah aplikasi lainnya menjadi platform penghubung komunikasi kita saat ini.

“DWP merupakan salah satu organisasi perempuan terbesar saat ini, sehinga diharapkan keberadaan anggota DWP dan keluarganya menjadi role model dan simpul pemersatu bangsa. Maka sangat tepat jika DWP memposisikan diri sebagai mitra strategis pemerintah,” tandasnya.

Hal ini terlihat dengan jelas dari Rencaa Strategis DWP dan Implementasi program-program kerjanya di tiga bidang utama kegiatan DWP, yaitu bidang Pendidikan, Ekonomi dan Sosial Budaya yang mengacu kepada Rencana Aksi Nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

Disampaikan lebih lebih lanjut, menghadapi Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia saat ini DWP berusaha melaksanakan program kerjanya yang berorientasi pada ketahanan keluarga anggota DWP, dampak pandemi Covid-19 dapat membuat perempuan kian rentan untuk mengalami keterpurukan dan ketimpangan gender pun semakin tajam terlebih pada sosial ekonomi.

“Upaya perlindungan perempuan dan penguatan ekonomi pemberdayaan perempuan sangatlah penting dilakukan,” ujarnya.

Di antaranya dengan memaksimalkan potensi peempuan untuk menggerakkan roda perekonomian khususnya di era digital.

“Perempuan memiliki potensi dan berperan sangat besar dalam pembangunan Nasional, khususnya bidang ekonomi. Hal ini dapat tercapai jika potensi tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal,” ucapnya.

Saat ini perkembangan teknologi informasi menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para perempuan untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi.

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa peran perempuan melalui perekonomian berbasis kreativitas yang banyak memanfaatkan perkembangan era digital akan menjadi kekuatan baru,” ungkapnya.

Serta diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan tema HUT ke-21 DWP kali ini, maka kami sangat berharap bahwa dalam rangka HUT ke-21 DWP ini semoga dapat memberikan dampak positif tidak hanya secara pengetahuan, networking,” kata Ratnasari Irawadi.

Namun secara finansial yang secara langsung dapat dirasakan dan dinikmati oleh anggota DWP dan masyarakat sekitar lingkungan DWP sehingga terwujudnya ketahanan keluarga Indonesia, khususnya di Kabupaten Blora.

Pada kesempatan yang sama Penasehat DWP Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun ke-21 DWP Kabupaten Blora.

“Alhamadulllilah saya ucapkan selamat ulang tahun ke-21. Semoga Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Blora kedepan makin jaya, khususnya di kabupaten Blora makin tertoreh prestasi-prestasi yang menjadi motivasi dan spirit bagi kita semuanya di dalam bekerja dan membantu para suami dalam mengemban tugasnya,” ungkap Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho.

Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada Pemkab Blora yang telah meraih prestasi dari pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif sehingga mendapatkan penganugerahan Innovative Government Award (IGA) 2020.

“Ini suatu prestasi yang luar biasa, terbaik inovatif yang diberikan kepada sejumlah kabupaten se Indonesia,” ucapnya.

Selain itu juga diberikan ucapkan selamat kepada Dinas Dalduk KB Blora yang telah mendapatkan juara 1 lomba Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Ini dimotori oleh Dalduk KB dan seluruh masyarakat kabupaten Blora,” ujarnya.

Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkada di Blora berjalan dengan tertib dan aman meski di tengah situasi pandemi Covid-19.

Di era digital, menurut Dra. Hj Umi Kulsum, kaum perempuan khususnya anggota DWP Kabupaten Blora dituntut untuk tidak gagap teknologi. Mau tidak mau harus mengikuti perkembangan dan penggunaannya dengan baik.

“Jangan sampai kebablasan, kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan kehidupan bermasyarakat. Jangan sampai terjebak dengan hal-hal yang merugikan kemaslahatan kehidupan bermasyarakat,” terangnya.

Sekarang ini, di era teknologi digital, para ibu bisa bekerja dari rumah sehingga bisa mendapatkan penghasilan untuk mendukung ketahanan keluarga.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Komang Gede Irawadi, SE, M.Si dalam sambutannya berharap agar angggota dan pengurus DWP bisa bersatu dan rukun antara satu dan lainnya.

“Kami berharap setiap ada kegiatan bisa bermanfaat bagi anggotanya, dimanapun, entah itu di tingkat kabupaten, di tingkat unit kerja atau OPD,” kata Sekda Blora.

Di bidang teknologi digitalisasi, kata Sekda, hampir semua aktivitas di Pemkab Blora sudah menggunakan digitalisasi.

“Jadi kalau Ibu-Ibu mendapatkan penghargaan dari Pemda, apapun bentuknya sudah bisa dibuka di rekening,” kata Sekda Blora.

Sekda Blora juga berpesan supaya ibu-ibu support suami, tapi jangan memanasi suami.

“Jabatan itu amanah, kerjakan dengan baik,” ucapnya.

Peningkatan Cocid-19 di Blora, kata Sekda, harus diswapadai, karena Orang Tanpa Gejala (OTG) 50% di bawah 40 tahun.

Sedangkan klaster paling bawah yang harus diwaspadai adalah klaster keluarga. Kemudian klaster perkantoran.

Hari Ulang Tahun ke-21 DWP Blora ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua DWP Kabupaten Blora Ratnasari Irawadi kemudian diserahkan kepada penasehat DWP Blora Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho dengan disaksikan oleh Sekda Blora Komang Gede Irawadi dan pengurus DWP Kab Blora.

Dalam rangkaian acara diserahkan bantuan uang tunai dari DWP Blora kepada sejumlah tenaga honorer Pemkab Blora.

Kemudian pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang lomba menghias masker, lomba e-Reporting, Penilaian kegiatan laporan UP dan spontanitas spanduk. Selanjutnya dirangkaikan dengan penampilan pemenang lomba masker. Acara berlangsung khidmat dan tertib. (Tim Dinkominfo Kab. Blora).

Sumber : blorakab.go.id


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *